Menurunkan tekanan darah? Ngemeal kacang ini

Bagikan

Biasanya kalo lagi nonton kalian suka melakukan apa teman gizi? Kalo sebagian besar penulis dengar sih sambil makan. Menurut Jawaban yang ditemukan oleh penulis di Yahoo Answer jawaban yang diberikan seperti gorengan, kacang garuda ataupun kuaci. Mari kita bahas kacang.

Kacang, sumber protein nabati utama adalah istilah non-botani untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan polong-polongan. (1)Dimana kata kacang mengacu pada kata awalan/pulse dengan tambahan kata seperti “kedelai”, “koro”, “tanah” dan lainnya.

Kacang terutama kacang dari pohon (walnut, hazelnut, pecan dan macadamia) serta kacang tanah telah disadari sebagai makanan sehat karena atribut nutrisinya yang unik. Zat gizinya kaya akan MUFA(Mono Unsaturated Fatty Acid) atau Asam lemak tak jenuh tunggal serta tinggi akan serat pangan. (2)

Sumber :https://www.spokin.com/what-is-a-tree-nut-allergy/

Kacang dari pohon jenisnya sangat banyak seperti Kelapa, Ginko, Chestnut, Pistachio dan lainnya. Kacang biasa digunakan pada diet Mediteania, yaitu pola makan di negara mediterranian. Diet ini didasarkan pada buah-buahan, kacang-kacangan serta biji-bijian sereal, minyak zaitun, dan ikan (3) yang nampaknya dapat mengurangi efek BP(Blood Pressure)/Tekanan darah. (4)
Adalah kacang Pistachio, salah satu kacang treenut yang termasuk dalam family cashew memiliki efek sangat tinggi dalam mengurangi SBP(Systolic Blood Pressure) dan DBP (Diastolic Blood Presusre) dengan nilai perbedaan rata-rata (Mean Difference) pada SBP (-1,82) dan DBP (-0,80). (5) SBP dan DBP adalah penilaian tekanan darah dimana Systole  adalah fase darah sedang dipompa oleh jantung dan Diastole adalah fase darah kembali lagi ke jantung. Selain itu, kacang Pistachio juga mampu mengurangi respon relatif glikemi saat ditambahkan ke roti. (6)
Pistachio biasa dibawa sebagai oleh-oleh orang yang sedang umrah atau ibadah haji. Kulitnya sangat keras namun daging kacangnya lembut dan terasa manis gurih. Oleh karenanya kacang pistachio sering dibuat menjadi es krim, biskuit dan pie. Pada hidangan timur tengah seperti Turki juga sering menggunakan kacang pistachio sebagai dessertnya yang manis dan dipadukan dengan keju turki, seperti halnya Baklava.

Meskipun sulit untuk ditemukan, di beberapa pedagang manisan sering menjual kacang pistachio yang sudah dipanggang untuk dijadikan cemilan menyantap makanan. Bahkan ada komersial yang khusus menjual salted Pistachio.
Meskipun dapat mengurangi Tekanan Darah, bukan berarti kita hanya makan kacang pistachio ya teman gizi. Jangan lupa tetap mengkonsumsi makanan dengan pola aturan GIZI SEIMBANG.

Picture19
Sumber : http://www.kangaroonuts.com.sg

Baca juga : Buah – buah ini dapat jadi PELENGKAP Makan Siang

Reference
  1. Anonymous.Kacang. https://id.wikipedia.org. [Online] November 5, 2018. [Cited: November 23, 2018.] https://id.wikipedia.org/wiki/Kacang.
  2. Dietary fibre, nuts and cardiovascular diseases. Salas-Salvadó J, Bullo M, Perez-Heras A, Ros E.S, s.l. : Br J Nutr, 2006, Vol. 96. 46-51.
  3. Adrian, dr. Kevin.Diet Mediterania: Diet Sehat Mengandung Banyak Manfaat. http://alodokter.com. [Online] Alodoktek, 2018. [Cited: November 24, 2018.] https://www.alodokter.com/diet-mediterania-diet-sehat-mengandung-banyak-manfaat.
  4. Dietary approaches to prevent hypertension. Bazzano LA, Green T, Harrison TN, Reynolds K.s.l. : Curr Hypertens Rep, 2013, Vol. 15, pp. 694-702.
  5. he effect of tree nut, peanut, and soy nut consumption on blood pressure: a systematic review and meta-analysis of randomized controlled clinical trials. Noushin Mohammadifard, Amin Salehi-Abargouei, Jordi Salas-Salvadó, Marta Guasch-Ferré, Karin Humphries, Nizal Sarrafzadegan.5, May 2015, The American Journal of Clinical Nutrition, Vol. 101, pp. 966-982.
  6. The impact of pistachio intake alone or in combination with high-carbohydrate foods on post-prandial glycemia. Kendall CW, Josse AR, Esfahani A, Jenkins DJ.2011, Eur J Clin Nutr, Vol. 65, pp. 696-702.

Resep Baklava si manis di Timur Tengah

Picture20

Mimin lagi mau makan dessert nih. Pasti enak ya kalo kali ini kita buat Baklava, iya dessert yang terkenal enak itu. Tapi dessert ini terkenal akan tingkat kesulitannya dalam membuat. Menurut Dena di blognya (https://www.thekitchn.com) kesulitan itu dikarenakanpekerjaannya dengan mmenggunakan adonan Phyylo Pastry. Tapi kita coba aja yuk, semoga berhasil. ^^
Kandungan Zat Gizi :

  • Kalori : 3015 kkal
  • Protein : 30 gr
  • Lemak : 205 gr
  • Karbohidrat : 224 gr

Bahan

  • Phyllo Pastry 1 pack (biasanya berisi 50 lembar)
  • Kacang Pistachio 150 gr (tanpa cangkang/kulit)
  • Kayu manis bubuk 1 sdt
  • Gula pasir ¼  Cup (sekitar 55 gr)

Untuk Sirup :

  • Gula Pasir 100 gr
  • Air 100 gr
  • Madu 50 gr

Cara Membuat :

Baklava :

  1. Siapkan Kacang, pisah menjadi dua bagian (untuk isi 125 gr dan topping 25 gr)
  2. Masukkan dalam chopper, tambah gula dan kayu manis bubuk
  3. Hancurkan tapi hanya sedikit saja, tidak sampai menjadi seperti seperti tepung
  4. Panaskan Butter hingga meleleh dan sisihkan
  5. Siapkan adonan Phyllo dan wadah pangganan
  6. Secara hati-hati ambil lembar pertama adonan, taruh ke dalam wadah
  7. Oleskan Butter ke lembar adonan
  8. Ambil lagi lembar adonan dan oleskan lagi dengan Butter, lakukan hingga mencapai 10 lembar
  9. Saat sudah sekitar 10 lembar, tuang kacang Pistachio ½ dari total bahan
  10. Buat layer lagi dan oleskan lagi dengan Butter sampai mencapai 10 lembar
  11. Tuang lagi kacang Pistachio sisanya ke adonan, jangan lupa diratakan agar seluruh adonan tertutup
  12. Tutup dengan 10 lembar adonan lagi yang tiap lembarnya diolesi lelehan Butter
  13. Potong adonan sampai ke dasarnya secara melintang atau diagonal.
  14. Panggang menggunakan oven dengan suhu 180 derajat Celcius sekitar 30 – 40 menit
  15. Angkat Baklava saat tampilannya sudah coklat keemasan
  16. Cincang kasar kacang Pistachio untuk toppingmenggunakan pisau
  17. Buat sirup dengan menggunakan teflon, masukkan seluruh bahan sirup dan masak hingga mendidih
  18. Setelah dingin, potong lagi Baklava sesuai pola potongan sebelum dipanggang
  19. Tuang sirup ke seluruh potongan Baklava secara merata dan taburi dengan topping
  20. Tutup dan diamkan beberapa jam atau seskitar semalaman sebelum disajikan

 

Catatan dan Tips :

  • Mengambil adonan menggunakan alat bantu seperti roll kecil untuk mempermudah peletakan lembar adonan Phyllo
  • Jika wadah lebih kecil dari adonan, jangan lipat adonan tapi potong lembar adonan menyerupai wadah
  • Setiap resep memiliki jumlah layer yang berbeda-beda
  • Pada sirup dapat ditambahkan air perasan lemon
  • Bentuk potongan dapat berupa diamond atau persegi
  • Didiamkan terlebih dahulu agar membuat rasa Baklava lebih enak, bahkan ada yang didiamkan selama 24 jam sebelum disajikan
  • Bisa tahan sampai 5 hari (ditutup)
  • Biasanya disajikan dengan tambahan toppingkeju turki

 

Wah~ akhirnya selesai juga. Mimin seneng pengen langsung cobain, eh tapi harus tunggu 24 jam lagi. Belum lagi kalorinya tinggi banget ya, yaudah makannya dikit aja hihi. Sisanya makan besok-besok lagi kan bisa tahan sampe 5 hari~

Baca juga : Sarapan sehat yang trendy? Coba deh Varian Smoothie Bowl ini

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *